Selasa, 26 Januari 2010

Masker Bengkuang
























Asal-Usul Bengkuang

Bengkuang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan terutama didaerah Mexico. Suku Aztec menggunakan biji tanaman bengkuang ini sebagai obat-obatan. Kemudian pada abad ke-17, Spanyol menyebarkan tanaman ini ke daerah Philipina sampai akhirnya menyebar ke seluruh Asia dan Pasifik. Tanaman ini masuk ke Indonesia dari Manila melalui Ambon, dan sejak saat itulah bengkuang dibudidayakan diseluruh negeri. Bengkuang sekarang ini lebih banyak dibudidayakan didaerah Jawa dan Madura atau didataran rendah.
Varietas Bengkuang

Terdapat dua varietas tanaman bengkuang, yaitu bengkuang gajah dan bengkuang badur. Pada varietas bengkuang gajaha, bengkuang sudah dapat dipanen pada usia tanam empat sampai lima bulan. Sedangkan pada variets badur, bengkuang baru dapat dipanen ketika usia tanamnya berusia tujuh sampai sebelas bulan.
POTENSI BENGKUANG SENAGAI MASKER
Bengkuang atau lebih dikenal dengan bengkoang atau bernama latin (Pachyrhizus erosus), merupakan buah yang mungkin sering kita makan, biasanya sering dibuat untuk rujak, asinan danlain-lain. Buah ini banyak di konsumsi karena banyak mengandung mineral dan vitamin C. Namun zaman dahulu bengkuang sering juga dipakai untuk bahan kecantikan, terutama untuk mandi, karena kegunaanya sebagai bahan aktif penghilang noda hitam, khususnya di bagian wajah dan mampu menghilangkan noda bekas jerawat. Buah ini juga dapat mengencangkan kulit wajah serta memutihkan kulit. Dan di zaman yang modern ini buah bengkuang juga banyak d gunakan sebagai bahan kosmetik seperti masker,lulur dan lain-lain.

BAHAN PEMBUAT MASKER BENGKUANG
• Buah bengkuang
• Parutan
• Pisau


CARA PEMBUATAN MASKER BENGKUANG
Buah bengkuang di kupas terlebih dahulu, lalu dicuci hingga bersih setelah itu bengkuang diparut
CARA PEMAKAIAN :
Campurkan bubuk masker dengan air sari mawar putih secukupnya. Setelah wajah dibersihkan, oleskan masker bengkuang pada wajah hingga leher kemudian ratakan,hindari daerah mata. Tunggu hingga kering secara alami. Basuh wajah dengan air hangat lalu air dingin. Kulit muka ditepuk-tepuk dengan kedua tangan perlahan. Gunakan 2kali seminggu secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.
KHASIATNYA :
_ Sel kulit yang telah mati dapat terangkat, sekaligus memutihkan kulit wajah
_Mengencangkan wajah
_Memudarkan flek-flek hitam





Bengkuang merupakan buah yang kaya akan berbagai zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam bengkuang yang paling tinggi adalah vitamin C. Sedangkan mineral yang terkandung dalam bengkuang adalah fosfor, zat besi, kalsium dan lain-lain. Bengkuang juga merupakan buah yang mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat menyegarkan tubuh setelah mengkonsumsinya dan menambah cairan tubuh yang diperlukan untuk menghilangkan deposit-deposit lemak yang mengeras yang terbentuk dalam beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, bengkuang dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.Kandungan fosfor dan kalsiumnya cukup tinggi. Dapat menghilangkan flek dan bekas jerawat, maskeran dengan bengkoang cukup efektif. Parut bengkoang, boleh tambahkan minyak zaitun atau madu satu sendok makan, lalu oleskan ke wajah. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur.
Jumlah Kandungan zat gizi
Energi 55 kal
Protein 1.4 gr
Lemak 0.2 gr
Karbohidrat 12.8 gr
Kalsium 15 mg
Fosfor 18 mg
Vitamin A 0 SI
Vitamin B1 0.04 mg
Vitamin C 20 mg
Besi 0.6 mg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar